Webinar Perdana Program Arsitektur Upy, Web.In.Arch 1.0 Seri 1

Pada tanggal I Juni 2020, Program Sarjana Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Yogyakarta membuka acara webinar pertamanya (Web.in.Arch 1.0 seri 1) dengan judul “Ruang Bagi Semua: Peran Arsitek dalam kebencanaan untuk kelompok rentan”. Webinar dibuka secara resmi oleh ketua program sarjana Arsitektur, Febriansyah, S.T., M.Sc. Febriansyah menyampaikan bahwasanya program sarjana Arsitektur UPY baru berdiri tahun 2019, dengan konsentrasi studi arsitektur kebencanaan.

Dalam webinarc pertama ini, paparan disampaikan oleh Boyke B. Aipassa sebagai narasumber. Boyke B Aipassa, atau akrab dipanggil Pak Boyke merupakan praktisi rehabilitasi dan rekonstruksi hunian pasca bencana yang telah berpengalaman lebih dari 14 tahun. Beliau aktif di daerah di Indonesia yang terkena dampak bencana, sejak bencana tsunami Aceh tahun 2005, gempa Jogja, tsunami Pangandaran, Lombok, letusan Gunung Merapi, dan Gunung Sinambung. Satu hal mendasar yang sering terlewat pada masa rehabilitasi pasca bencana adalah korban yang tidak hanya kehilangan rumah tinggalnya namun juga menjadi lumpuh, menjadi terbatas jangkauan pergerakannya, demikian pula ibu hamil dan orang tua yang membutuhkan ruang gerak yang lebih mudah diakses. Korban-korban bencana yang tergolong dalam kelompok rentan inilah yang menjadi perhatian utama bagi pak Boyke. Orang-orang yang lebih membutuhkan ruang yang mudah digunakan dan dijangkau sehingga tidak bergantung kepada orang lain yang belum tentu selalu siap sedia setiap saat untuk membantu.

Peserta webinar mayoritas adalah mahasiswa, dan tokoh praktisi, peneliti maupun dosen arsitektur, dengan jumlah peserta total sebanyak 75 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. STITEK Bina Taruna Gorontalo, UNES PADANG, Universitas Palangka Raya, ULM, UIN Alauddin Makassar, Universitas Malikussaleh, Undikma Mataram, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Universitas Nusa Cendana, Politeknik Negeri Pontianak adalah asal beberapa di antara para peserta. Dari Yogya sendiri hadir mahasiswa dan dosen dari AMIKOM, UTY, UGM, UMB, maupun mahasiswa dan dosen dari internal UPY, selain itu masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Peserta yang berasal dari praktisi arsitektur berasal dari YEU Yakkum, IAI Yogya, IAI Kalimantan Tengah, IAI Malang, dan beberapa konsultan arsitek serta tidak ketinggalan SMKN 1 Magetan, Jawa Timur.

Acara dipandu oleh Eka Widyaningsih, M.Sc, salah satu dosen program sarjana Arsitektur UPY. Acara berjalan lancar dengan dinamika pertanyaan yang bervariasi dari para mahasiswa maupun dosen, peneliti dan praktisi arsitektur, yang berlangsung dari pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB. (RAD)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top