Web.In.Arch 2.0 Seri 2: Mengusung Tema Heritage Dan Pariwisata Di Indonesia

Acara webinarch 2.0 seri 2 dari UPY digelar pada hari kamis, 8 Juni 2020, pukul 10.00 WIB. Webinar kali ini mendatangkan seorang narasumber di bidang pelestarian dan pengembangan pariwisata, Irham Temas Sutomo dari Universitas Riau. Dengan mengusung tema Heritage dan pariwisata Kota Siak Sri Indrapura, Propinsi Riau ini, peserta diajak untuk menyelami dunia pelestarian cagar budaya yang melibatkan berbagai pihak, dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta dinas-dinas terkait pelestarian budaya, pembangunan, maupun, pariwisata sendiri.

Acara yang dipandu oleh Radiaswari, salah seorang pengajar dari Universitas PGRI Yogyakarta, ini mendapatkan respon yang positif dari para peserta webinar. Pertanyaan banyak dilontarkan mengenai proses pelestarian yang menjadi topik pembahasan sampai perbandingannya dengan kawasan-kawasan pariwisata di kota-kota lain dengan karakter fisik dan latar belakang sejarah yang serupa.

Kehadiran para peserta webinar Arsitektur UPY yang keempat ini tetap didominasi oleh mahasiswa, dan sebagian lainnya yang aktif dalam diskusi dan sesi tanya jawab adalah para praktisi, peneliti maupun dosen arsitektur. Jumlah peserta mencapai jumlah total sebanyak 102 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dari wilayah Yogyakarta sendiri peserta datang dari Universitas Widya Mataram, UIN Sunan Kalijaga, Universitas AMIKOM, Universitas Teknologi Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada, STARS YKPN Yogyakarta, dan termasuk juga mahasiswa internal Universitas PGRI Yogyakarta. Dari DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur bergabung peserta dari Universitas Mercu Buana Jakarta, Unindra PGRI Jakarta, Universitas Pancasila, ITENAS Bandung, UNS, UMS, Universitas Widya Kartika Surabaya, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, UKDC Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Brawijaya. Serta universitas dan sekolah tinggi lainnya yang tersebar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia turut meramaikan diskusi dalam forum sharing ilmu ini. Selain akademisi, praktisi dari IAI Malang, IAI Jawa Timur, dan beberapa konsultan arsitek dan kontraktor dari berbagai daerah, serta dari kementrian PUPR, dinas Pariwisata dan komunitas lokal turut hadir dalam acara ini. Sebagai penutup acara pertukaran ilmu ini, Nurirwan Saputra, S.Kom., M.Eng. Selaku wakil dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Yogyakarta memberikan kata penutup dan berharap acara semacam ini dapat terus dilanjutkan. Dengan demikian acara webinarc 2.0 ditutup secara resmi oleh bapak wakil dekan. (RAD)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top