Web.In.Arch 2.0 Seri 1: Mengundang Seorang Praktisi Arsitek Dari IAI Yogyakarta

Dunia praktik arsitek dalam masa pandemik ini, sedikit banyak mengalami perubahan dalam tata cara perancangan dan pembangunan gedung. Jika di bangku kuliah diajarkan bagaimana merancang bangunan dan lingkungannya sesuai dengan komposisi dan prinsip-prinsip estetika, fungsi, dan struktur yang baik, maka dalam praktik arsitektur lebih mengutamakan efisiensi tenaga, material, dan ruangnya yang semua berhubungan dengan pendanaan. Hal ini dibahas secara detail dalam webinarc 2.0 seri 1 ini. Webinar Arsitektur UPY yang ketiga ini dilaksanakan melalui portal zoom cloud meeting pada tanggal 8 Juni 2020, mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.15, melebihi batas waktu yang direncanakan oleh panitia. Materi disampaikan oleh Putera Rahmat Ismail, S.T., M.Sc., IAI seorang praktisi arsitek profesional lulusan UII, yang sudah bergelut di dunia profesional arsitektur selama hampir 20 tahun.

Dengan tema “Proses Desain Dalam Arsitektur: Proses Desain dalam Praktik Arsitektur Profesional”, Putera Rahmat Ismail, yang akrab dipanggil Pak Rahmat, berbagi pengalamannya di dunia profesi ini kepada para peserta yang mayoritas masih mahasiswa. Antusiasme para peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber berkaitan dengan proses desain yang realistis, peran arsitek di dalam sebuah proyek, sampai tips-tips bagaimana mencari klien.

Webinar yang dipandu oleh Aldrin Febriansyah, M.Sc ini merupakan seri yang paling diminati dengan jumlah peserta terbanyak dari 3 webinar lainnya yang diselenggarakan oleh program sarjana Arsitektur UPY. Jumlah peserta total sebanyak 110 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta tidak hanya dari mahasiswa dan praktisi arsitek, tetapi juga dari SMK dan perorangan yang menaruh minat pada dunia arsitektur. Sementara mahasiswa dan akademisi berasal dari berbagai universitas di Indonesia bahkan dari Osaka University, Jepang juga turut hadir.

Peserta yang berasal dari praktisi arsitektur datang dari IAI Malang, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan beberapa konsultan arsitek dari Jakarta maupun Surabaya. Antusiasme para peserta terhadap bidang arsitektur di masa pandemi ini memberikan harapan pada masa depan dunia arsitektur. (RAD)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top